Kontrasosial Vol. 4 Audio Review in Warning Magz

Kontrasosial Vol. 4 Audio Review in Warning Magz

Kontrasosial – Vol 4

Label: Kontrasosial Komunike Record

Watchful Shot:  Milik Kita-Anti Politik-Beer Anthem

WARN!NG Level: ***1/2

 

 

Vol 4 tak segelap rekaman-rekaman Kontrasosial sebelumnya yang kental dengan sound black metal. Album ini cenderung lebih kacau dengan d-beat / scandinavian crust yang diikuti screamyang samar pada vokal. Kontrasosial langsung membakar telinga lewat “Milik Kita”. Dentuman d-beat dengan scream ala Warvictim, menegaskan manifesto Kontrasosial: alternatif hidup milik kita, perlawanan ini selamanya, punk anarkia!

Serangan terhadap partai politik disuarakan dengan gamblang lewat “Anti Politik”. Lagu berdurasi dua menit lima puluh dua detik ini, bisa disejajarkan pada rekaman-rekaman terbaik mereka seperti “Bikin Sendiri”, “Manifest” dan “WTO”. Di nomor “Stop Fanatism” mereka berteriak tentang penolakan terhadap fanatisme. Riff punk rock terdengar pada “Dunia Dalam Depresi” dengan vokal yang bergema, nomor tadi berbicara tentang dunia yang sedang tidak baik-baik saja.

Meski lirik menyuarakan perlawanan terdengar dominan, Kontrasosial tak lupa untuk bersenang-senang. Lewat “Beer Anthem”, sebuah nomor dengan hook yang catchy, sangat cocok mengiringi pogo mabuk di gigs. Dan apresiasi terhadap mereka yang bertahan dengan DIY (Do It Yourself) dipersembahkan lewat “DIY Militia”. “Kalian yang bertahan hidup pada titik maksimal, kalian yang menolak ada dalam aturan” adalah penggalan lirik yang tertuang di lagu dengan aroma Resistant Culture tersebut.

Kembali menyinggung nomor “DIY Militia”, band yang pernah tur Eropa ini tak hanya bicara, mereka menerapkan konsep ini dalam merilis album secara mandiri. Bahkan proses produksicover album juga mereka sablon sendiri. Mengutip slogan pada pembungkus album ini “DIY Punk: Community, Network, Respect”. Tetap berada di jalur DIY selama sepuluh tahun di tengah meroketnya musik cadas adalah sebuah perlawanan sederhana yang nyata. [TW]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: